Blogger Widgets

Minggu, 09 Maret 2014

Contoh Karya ilmiah tentang minat belajar siawa



Karya Ilmiah


Yang Membahas Tentang

MINAT BELAJAR SISWA
SMP RK BINTANG TIMUR





Disusun oleh

FRANS RICKY H.BUTAR – BUTAR
IX-B











SMP SW RK BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR
Tahun ajaran 2013/2014


KATA PENGANTAR


     Puji  Syukur  kita  panjatkan  ke-hadirat  Allah  Yang  Maha  Esa,  karena  atas  berkat  rahmat dan  karunia-Nyalah,  karya  ilmiah  ini  dapat  terselesaikan  dengan  baik  dengan  judul Minat Belajar Siswa SMP Bintang Timur . Dengan  membuat  tugas  ini  saya  harapkan  kita  semua  mampu  untuk  lebih  mengenal  tentang minat belajar, faktor faktor yang mempengaruhinya dan cara untuk meningkatkan minat belajar di SMP Bintang Timur .
     Penulis  sadar,  sebagai  seorang  pelajar  yang  masih  dalam  proses  pembelajaran,  penulisan karya  ilmiah  ini  masih  banyak  kekurangannya.  Oleh  karena  itu,  Penulis  sangat  mengharapkan  adanya  kritik  dan  saran  yang  bersifat  positif,  guna  penulisan  karya  ilmiah yang  lebih  baik  lagi  di  masa  yang  akan  datang .
     Harapan  penulis ,  semoga  karya  ilmiah  yang  sederhana  ini,  dapat  memberi  kesadaran  tersendiri  bagi  generasi  muda  bahwa  pentingnya untuk meningkatkan minat belajar agar dapat meraih kesuksesan . Amin . .















 Pematangsiantar,Maret 2014
Penulis










                                                                                                                                             ii



DAFTAR ISI

I .KATA PENGANTAR         ..........................................................................................     (i)
II.DAFTAR ISI                       .........................................................................................      (ii)

BAGIAN PENDAHULUAN  ....................................................................................... Halaman
                1.1       Latar Belakang              ............................................................................................ 1
                1.2      Rumusan Masalah         ............................................................................................ 1
                1.3      Batasan Masalah            ............................................................................................ 1
                1.4      Tujuan Penulisan            ............................................................................................ 1
   1.5   Metode Penelitian       ……………………………………………………………. 1

BAGIAN PEMBAHASAN     ……………………………………………….…….Halaman
   2.1  Pengertian Minat Belajar Siswa ................................................................................ 2-3
   2.2 Faktor yang Menyebabkan Turunnya Minat Belajar Siswa ……………………...3-4
   2.3  Membangkitkan Minat Belajar Siswa ....................................................................... 4-5


BAGIAN PENUTUPAN        ....................................................................................... Halaman
   3.1 Kesimpulan                     ............................................................................................ 6
   3.2 Saran                              ............................................................................................ 6


DAFTAR PUSTAKA             ............................................................................................. 7


















                                                                                                                                            iii

BAGIAN PENDAHULUAN

1. 1 Latar Belakang
     Pada akhir – akhir ini kita melihat minat belajar siswa Bintang Timur  menurun , mungkin dikarenakan sering bermain hp, tidak mengerjakan pr , dan sering tidak memperhatikan saat guru menerangkan sehingga prestasi akademik siswa menurun. Faktor utama penyebab minat belajar siswa rendah yaitu siswa sangat malas untuk belajar dan siswa tidak mau mengulangi pelajaran yang diberi oleh gurunya di rumah .
     Oleh karena itu , penulis akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa Bintang Timur dan cara untuk meningkatkannya .
           
1.2 Rumusan Masalah
            Mengapa minat belajar siswa rendah ?

1.3 Batasan Masalah
            Dalam penulisan karya tulis ini penulis membatasi masalah hanya pada minat belajar siswa SMP RK BINTANG TIMUR Pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014.

1.4 Tujuan Penulisan
            Tujuan yang akan penulis sampaikan dalam pembuatan makalah ini adalah :
1.4.1 Agar dapat mengetahui minat belajar siswa SMP Bintang Timur
1.4.2 Agar dapat meningkatkan minat belajar siswa  SMP Bintang Timur

 1.5 Metode Penelitian
            Penulis mengunakan metode observasi yaitu dengan cara mengamati siswa-siswi SMP RK BINTANG TIMUR Pematang siantar , dan juga  melalui membaca buku .


















                                                                                                                                             1

BAGIAN PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Minat Belajar Siswa

     Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu ,gairah , keinginan dikutip dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , hal  583 dan pengertian belajar adalah berusaha(berlatih) supaya mendapat sesuatu kepandaian .
     Berikut beberapa pendapat tentang definisi belajar dalam buku J.Tambunan(2008)
  1. Guilford (dalam J.Tambunan : 1989) mengatakan bahwa belajar adalah suatu perubahan tingkah laku yang dihasilkan tingkah laku sebelumnya .
  2. woodworth (dalam J.Tambunan : 1989) belajar adalah perubahan tingkahlaku pada individu yang sifatnya relatif permanen yang timbul akibat pengalaman .
Berikut beberapa pendapat tentang definisi minat
  1. Tidjan (1976 :71) minat adalah gejala psikologis yang menunjukan pemusatan perhatian terhadap suatu obyek sebab ada perasaan senang.
( http://belajarpsikologi.com/pengertian-minat/)
  1. Slameto (1995), Minat adalah kecenderungan jiwa yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas atau kegiatan. Seseorang yang berminat terhadap suatu aktivitas dan memperhatikan itu secara konsisten dengan rasa senang. Pengertian Minat Belajar Siswa Menurut Para Ahli. (http://juprimalino.blogspot.com/2013/05/definisi-pengertian-minat-menurut-para.html)
  2.  
     Besar kecilnya minat sangat tergantung pada penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar dirinya. Seseorang yang berminat terhadap sesuatu  tentu akan lebih memperhatikan dengan perasaan senang tanpa ada tekanan.Suatu minat dapat diekspresikan melalui pernyataan yang menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai suatu hal daripada hal lainnya. Siswa yang memiliki minat terhadap objek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap objek tersebut. Karena itu minat belajar adalah kecenderungan hati untuk belajar untuk mendapatkan informasi dan  pengetahuan melalui usaha, pengajaran atau pengalaman
     Maka menurut penulis minat belajar adalah keinginan jiwa terhadap sesuatu objek dengan tujuan untuk mencapai ilmu pelajaran yang semestinya . Hal ini menggambarkan bahwa seseorang tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan apabila di dalam diri orang tersebut tidak adanya minat atau keinginan untuk mencapai tujuan yang diharapkan itu. Minat pada dasarnya adalah penerimaan suatu hubungan antara diri sendiri dan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat. Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar, minat menjadi motor penggerak untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Tanpa adanya minat tujuan belajar tidak akan tercapai.
     Dalam lingkungan sekolah Bintang Timur , membangkitkan minat belajar siswa dapat dilakukan guru Bintang Timur. Guru perlu membangkitkan minat siswa agar pelajaran yang diberikan mudah dimengerti. Misalnya ada siswa yang menyukai pelajaran Fisika tetapi ia tidak menyukai pelajaran PKn maka kita mesti memberikan dorongan kepadanya.
                                                                                                                                             2
     Guru harus benar-benar menguasai semua keterampilan yang dibutuhkan
dalam pengajaran antara lain: menguasai materi, memiliki media pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Jika guru tidak menggunakan variasi dalam proses pembelajaran, siswa akan cepat bosan dan jenuh terhadap materi pelajaran. Untuk mengatasi hal-hal tersebut guru hendaklah menggunakan variasi dalam mengajar, agar semangat dan minat siswa dalam belajar meningkat sehingga hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Jadi minat belajar bukan hanya diusahakan oleh siswa itu sendiri melainkan guru juga perlu membangkitkan minat belajar siswa .
                                                                                                                                           
2.3 Faktor yang Menyebabkan Turunnya Minat Belajar Siswa

     Kurangnya minat belajar dapat mengakibatkan kurangnya rasa ketertarikan pada suatu bidang tertentu, bahkan dapat melahirkan sikap penolakan kepada guru.Jika seorang siswa memiliki minat pada pelajaran tertentu dia akan memperhatikannya. Namun sebaliknya, jika siswa tidak berminat pada mata pelajaran yang sedang diajarkan biasanya dia malas untuk belajar. Demikian juga dengan siswa yang tidak menaruh perhatian yang pada mata pelajaran yang diajarkan, maka sukarlah diharapkan siswa tersebut dapat belajar dengan baik. Hal ini tentu berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa minat berhubungan erat dengan hasil belajar yang selanjutnya dapat digunakan sebagai pendorong  untuk meningkatkan hasil belajar.
     Minat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun dari luar . Dilihat dari dalam diri siswa, minat dipengaruhi oleh cita-cita, keinginan, kebutuhan, bakat dan kebiasaan. Sedangkan bila dilihat dari faktor luar, minat dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi lingkungan. Faktor luar tersebut dapat berupa kelengkapan sarana dan prasarana, pergaulan dengan orang tua, dan anggpan masyarakat terhadap suatu objek serta latar belakang sosial budaya. Penulis dapat berpendapat bahwa sperti batasan masalah diatas minat belajar siswa dapat mempegaruhi beberapa faktor dari dalam maupun dari luar .
     Secara umum faktor-faktor yag mempengaruhi proses hasil belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal . kedua faktor tersebut saling memengaruhi dalam proses individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar.
1. Faktor internal
   Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Faktor-faktor internal ini meliputi faktor fisiologis dan faktor psikologis.
a. Faktor fisiologis
     Faktor-faktor fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik
 individu. Kondisi fisik yang sehat dan bugar akan memberikan pengaruh positif terhadap
 kegiatan belajar individu. Sebaliknya, kondisi fisik yang lemah atau sakit akan menghambat tercapainya hasil belajar yang maksimal.Panca indra yang berfunsi dengan baik akan mempermudah aktivitas belajar dengan baik pula. Panca indra yang memiliki peran besar dalam aktivitas belajar adalah mata dan telinga. Oleh karena itu, baik guru maupun siswa perlu menjaga panca indra dengan baik. Beberapa penyakit ringan yang diderita dapat berupa pilek, sakit gigi, batuk, dan lain sejenisnya. Semua itu tentu akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
                                                                                                                                             3
b. Faktor psikologis
     Faktor – faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang dapat memengaruhi proses belajar. Beberapa faktor psikologis yang utama memngaruhi proses belajar adalah kecerdasan siswa, motifasi , minat, sikap dan bakat.
                                                                                                                         
Faktor-faktor eksternal
   Selain karakteristik siswa atau faktor-faktor internal, faktor-faktor eksternal juga dapat memengaruhi proses belajar siswa.dalam hal ini, menjelaskan bahwa faktaor-faktor eksternal yang memengaruhi balajar dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu faktor lingkungan social dan faktor lingkungan non sosial.
a. Lingkungan sosial
  • Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat      memengaruhi proses belajar seorang siswa.  
  • Lingkungan sosial masyarakat. Kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa akan mempengaruhi belajar siswa.  
  • Lingkungan sosial keluarga. Lingkungan ini sangat memengaruhi kegiatan belajar. Ketegangan keluarga, sifat-sifat orangtua, demografi keluarga (letak rumah), pengelolaan keluarga, semuannya dapat memberi dampak terhadap aktivitas belajar siswa.
b. Lingkungan non social.      
    Faktor-faktor yang termasuk lingkungan nonsosial adalah;
·        Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang segar, tidak panas dan tidak dingin,       sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau tidak terlalu lemah/gelap, suasana yang sejuk dan tenang.  Gedung sekolah, alat-alat belajar, fasilitas belajar, lapangan olahraga dan lain sebagainya.  Faktor materi pelajaran (yang diajarkan ke siswa). Faktor ini hendaknya disesuaikan dengan usia perkembangan siswa begitu juga dengan metode mengajar guru, disesuaikan dengan kondisi perkembangan siswa.
(http://rezky93.blogspot.com/2013/01/masalah-masalah-belajar-internal.html)

2.3 Membangkitkan Minat Belajar Siswa
     Siswa adalah murid (terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah ) dan B angkit adalah bangun, berdiri, maju yang dikutip dari kamus Pintar bahasa indonesia , hal 951 dan hal 43 .Membangkitkan minat terhadap sesuatu pada dasarnya adalah membantu siswa melihat bagaimana hubungan antara materi yang diharapkan untuk dipelajarinya dengan dirinya sendiri sebagai individu. Proses ini berarti menunjukkan pada siswa bagaimana pengetahuan atau kecakapan tertentu mempengaruhi dirinya dalam upaya mencapai kebutuhan-kebutuhannya. Apabila siswa menyadari bahwa belajar merupakan suatu alat untuk mencapai beberapa tujuan yang dianggapnya penting dan bila siswa melihat bahwa dari hasil dari pengalaman belajarnya akan membawa kemajuan pada dirinya, kemungkinan besar siswa akan berminat dan termotivasi untuk mempelajarinya.
Dengan demikian perlu adanya usaha-usaha atau pemikiran yang dapat memberikan solusi terhadap peningkatan minat belajar siswa. Minat sebagai aspek kewajiban bukan aspek bawaan, melainkan kondisi yang terbentuk setelah dipengaruhi oleh lingkungan. Karena itu minat sifatnya berubah-ubah dan sangat tergantung pada individunya.            4    

     Minat belajar dapat dibangkitkan melalui latihan konsentrasi. Konsentrasi merupakan aktivitas jiwa untuk memperhatikan suatu objek secara mendalam. Dapat dikatakan bahwa konsentrasi itu muncul jika seseorang menaruh minat pada suatu objek, demikian pula sebaliknya merupakan kondisi psikologis yang sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kondisi tersebut amat penting sehingga konsentrasi yang baik akan melahirkan sikap pemusatan perhatian yang tinggi terhadap objek yang sedang dipelajari.
     Minat berkaitan dengan nilai-nilai tertentu. Oleh karena itu, merenungkan nilai-nilai dalam aktivitas belajar sangat berguna untuk membangkitkan minat. Misalnya belajar agar lulus ujian, menjadi juara, ahli dalam salah satu ilmu, memenuhi rasa ingin tahu mendapatkan gelar atau memperoleh pekerjaan. Dengan demikian minat belajar tidak perlu berangkat dari nilai atau motivasi yang muluk-muluk. Bila minat belajar didapatkan pada gilirannya akan menumbuhkan konsentrasi atau kesungguhan dalam belajar.
Beberapa hal penting yang dapat dijadikan alasan untuk mendorong tumbuhnya minat belajar siswa Bintang Timur yaitu :
  1. Suatu keinginan untuk memperoleh nilai-nilai yang lebih baik dalam semua mata pelajaran.
  2. Suatu dorongan untuk memuaskan rasa ingin tahu dalam satu atau lain bidang studi.
  3. Keinginan siswa untuk meningkatkan siswa dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pribadi.
  4. Keinginan siswa untuk menerima pujian dari orang tua, guru atau teman-teman.
  5. Gambaran diri dimasa mendatang untuk meraih sukses dalam suatu bidang khusus tertentu



















                                                                                                                                             5

BAGIAN PENUTUP

3.1 kesimpulan
            Berdasarkan uraian pada bab pembahasan diatas disimpulkan bahwa Minat belajar siswa itu lebih mengarah dan mengacu pada kemauan setiap masing-masing siswa untuk belajar dan untuk maju dimasa depan . Minat belajar siswa yang tinggi, itu dapat dilakukankan dengan beberapa hal atau solusi yang dapat membuat siswa menjadi tertarik untuk belajar .Seperti beberapa strategi belajar tuntas, artinya untuk belajar sebagai penguasaan (hasil belajar siswa secara penuh) terhadap pembelajaran yang diperbaharui . ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu Suatu hasrat untuk memperoleh nilai-nilai yang lebih baik dalam semua mata pelajaran, Suatu dorongan batin untuk memuaskan rasa ingin tahu dalam satu atau lain bidang studi, dan lain – lain .

3.2 Saran

  1. Sebaiknya,siswa dan siswi SMP RK Bintang Timur mempunyai minat yang tinggi dalam belajar demi masa depan kita.
  2. Hendaknya ada usaha dari diri kita sendiri untuk berkonsentrasi dalam belajar.
  3. Hendaknya siswa dan siswi selalu memperhatikan guru saat guru menerangkan disekolah.
  4. Hendaknya guru dalam mengajar menggunakan metode belajar yang bervariasi sehingga menimbulkan rasa ketertarikan pada diri siswa. Dengan adanya rasa ketertarikan ini siswa akan berminat untuk mengikuti pembelajaran. Siswa tidak merasa jenuh,sehingga ada semangat untuk belajar. Dan diharapkan ke depannya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
                                         
















                                                                                                                                             6


DAFTAR PUSTAKA
Hassan , fuat .1988 . kamus besar bahasa indonesia . jakarta : pustaka abadi
Santoso, ananda.1996.kamus pintar bahasa indonesia. Jakarta :fajar mulia
http://belajarpsikologi.com/pengertian-minat/
Tambunan,Janwar.2008 . Belajar dan Pembelajaran .Medan : Universitas HKBP Nomensen



































                                                                                                                                             7

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mohon ijin mengkopi mas

Unknown mengatakan...

kakak minta izin mau copy,bolehkan???

Unknown mengatakan...

Izin copy yaa kaa

Posting Komentar

 

FRANS RICKY Copyright © 2010 | Designed by: compartidisimo