Karya Ilmiah
Yang Membahas Tentang
MINAT
BELAJAR SISWA
Disusun oleh
FRANS RICKY H.BUTAR – BUTAR
IX-B
SMP SW RK BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR
Tahun ajaran 2013/2014
KATA
PENGANTAR
Puji
Syukur kita panjatkan
ke-hadirat Allah Yang
Maha Esa, karena
atas berkat rahmat dan
karunia-Nyalah, karya ilmiah
ini dapat terselesaikan
dengan baik dengan
judul Minat Belajar Siswa SMP Bintang Timur . Dengan membuat
tugas ini saya
harapkan kita semua
mampu untuk lebih
mengenal tentang minat belajar,
faktor faktor yang mempengaruhinya dan cara untuk meningkatkan minat belajar di
SMP Bintang Timur .
Penulis
sadar, sebagai seorang
pelajar yang masih
dalam proses pembelajaran,
penulisan karya ilmiah ini
masih banyak kekurangannya. Oleh
karena itu, Penulis
sangat mengharapkan adanya
kritik dan saran
yang bersifat positif,
guna penulisan karya
ilmiah yang lebih baik
lagi di masa
yang akan datang .
Harapan
penulis , semoga karya
ilmiah yang sederhana
ini, dapat memberi
kesadaran tersendiri bagi
generasi muda bahwa
pentingnya untuk meningkatkan minat belajar agar dapat meraih kesuksesan
. Amin . .
Pematangsiantar,Maret 2014
Penulis
ii
DAFTAR ISI
I
.KATA PENGANTAR .......................................................................................... (i)
II.DAFTAR
ISI ......................................................................................... (ii)
BAGIAN
PENDAHULUAN ....................................................................................... Halaman
1.1 Latar
Belakang ............................................................................................
1
1.2 Rumusan
Masalah ............................................................................................
1
1.3 Batasan
Masalah ............................................................................................
1
1.4 Tujuan
Penulisan ............................................................................................
1
1.5
Metode Penelitian
……………………………………………………………. 1
BAGIAN
PEMBAHASAN ……………………………………………….…….Halaman
2.1 Pengertian
Minat Belajar Siswa ................................................................................ 2-3
2.2 Faktor yang Menyebabkan Turunnya Minat
Belajar Siswa ……………………...3-4
2.3 Membangkitkan Minat Belajar Siswa ....................................................................... 4-5
BAGIAN
PENUTUPAN ....................................................................................... Halaman
3.1 Kesimpulan ............................................................................................
6
3.2 Saran ............................................................................................
6
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................................. 7
iii
BAGIAN PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang
Pada akhir – akhir ini
kita melihat minat belajar siswa Bintang Timur menurun , mungkin dikarenakan sering bermain
hp, tidak mengerjakan pr , dan sering tidak memperhatikan saat guru menerangkan
sehingga prestasi akademik siswa menurun. Faktor utama penyebab minat belajar
siswa rendah yaitu siswa sangat malas untuk belajar dan siswa tidak mau
mengulangi pelajaran yang diberi oleh gurunya di rumah .
Oleh karena itu , penulis akan membahas
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa Bintang Timur dan
cara untuk meningkatkannya .
1.2 Rumusan Masalah
Mengapa
minat belajar siswa rendah ?
1.3 Batasan Masalah
Dalam penulisan
karya tulis ini penulis membatasi masalah hanya pada minat belajar siswa SMP RK
BINTANG TIMUR Pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014.
1.4 Tujuan Penulisan
Tujuan
yang akan penulis sampaikan dalam pembuatan makalah ini adalah :
1.4.1 Agar dapat mengetahui minat
belajar siswa SMP Bintang Timur
1.4.2 Agar dapat
meningkatkan minat belajar siswa SMP
Bintang Timur
1.5 Metode Penelitian
Penulis mengunakan
metode observasi yaitu dengan cara mengamati siswa-siswi SMP RK BINTANG TIMUR
Pematang siantar , dan juga melalui
membaca buku .
1
BAGIAN PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Minat Belajar Siswa
Minat adalah kecenderungan hati
yang tinggi terhadap sesuatu ,gairah , keinginan dikutip dalam Kamus Besar
Bahasa Indonesia , hal 583 dan
pengertian belajar adalah berusaha(berlatih) supaya mendapat sesuatu kepandaian
.
Berikut beberapa pendapat
tentang definisi belajar dalam buku J.Tambunan(2008)
- Guilford (dalam J.Tambunan : 1989) mengatakan bahwa belajar adalah suatu perubahan tingkah laku yang dihasilkan tingkah laku sebelumnya .
- woodworth (dalam J.Tambunan : 1989) belajar adalah perubahan tingkahlaku pada individu yang sifatnya relatif permanen yang timbul akibat pengalaman .
Berikut beberapa pendapat tentang definisi
minat
- Tidjan (1976 :71) minat adalah gejala psikologis yang menunjukan pemusatan perhatian terhadap suatu obyek sebab ada perasaan senang.
(
http://belajarpsikologi.com/pengertian-minat/)
- Slameto (1995), Minat adalah kecenderungan jiwa yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas atau kegiatan. Seseorang yang berminat terhadap suatu aktivitas dan memperhatikan itu secara konsisten dengan rasa senang. Pengertian Minat Belajar Siswa Menurut Para Ahli. (http://juprimalino.blogspot.com/2013/05/definisi-pengertian-minat-menurut-para.html)
Besar kecilnya minat sangat
tergantung pada penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan
sesuatu di luar dirinya. Seseorang yang berminat terhadap sesuatu tentu
akan lebih memperhatikan dengan perasaan senang tanpa ada tekanan.Suatu minat
dapat diekspresikan melalui pernyataan yang menunjukkan bahwa siswa lebih
menyukai suatu hal daripada hal lainnya. Siswa yang memiliki minat terhadap
objek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap
objek tersebut. Karena itu minat belajar adalah kecenderungan hati untuk belajar
untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan melalui usaha, pengajaran atau
pengalaman
Maka menurut penulis minat belajar adalah
keinginan jiwa terhadap sesuatu objek dengan tujuan untuk mencapai ilmu
pelajaran yang semestinya . Hal ini menggambarkan bahwa seseorang tidak akan
mencapai tujuan yang diharapkan apabila di dalam diri orang tersebut tidak
adanya minat atau keinginan untuk mencapai tujuan yang diharapkan itu. Minat
pada dasarnya adalah penerimaan suatu hubungan antara diri sendiri dan sesuatu
di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat.
Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar, minat menjadi motor penggerak untuk
dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Tanpa adanya minat tujuan belajar tidak
akan tercapai.
Dalam lingkungan sekolah Bintang Timur ,
membangkitkan minat belajar siswa dapat dilakukan guru Bintang Timur. Guru
perlu membangkitkan minat siswa agar pelajaran yang diberikan mudah dimengerti.
Misalnya ada siswa yang menyukai pelajaran Fisika tetapi ia tidak menyukai
pelajaran PKn maka kita mesti memberikan dorongan kepadanya.
2
Guru
harus benar-benar menguasai semua keterampilan yang dibutuhkan
dalam pengajaran antara lain:
menguasai materi, memiliki media pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Jika
guru tidak menggunakan variasi dalam proses pembelajaran, siswa akan cepat
bosan dan jenuh terhadap materi pelajaran. Untuk mengatasi hal-hal tersebut
guru hendaklah menggunakan variasi dalam mengajar, agar semangat dan minat
siswa dalam belajar meningkat sehingga hasil belajar sesuai dengan yang
diharapkan. Jadi minat belajar bukan hanya diusahakan oleh siswa itu sendiri melainkan
guru juga perlu membangkitkan minat belajar siswa .
2.3 Faktor yang
Menyebabkan Turunnya Minat Belajar Siswa
Kurangnya minat belajar dapat
mengakibatkan kurangnya rasa ketertarikan pada suatu bidang tertentu, bahkan
dapat melahirkan sikap penolakan kepada guru.Jika seorang siswa memiliki minat
pada pelajaran tertentu dia akan memperhatikannya. Namun sebaliknya, jika siswa
tidak berminat pada mata pelajaran yang sedang diajarkan biasanya dia malas
untuk belajar. Demikian juga dengan siswa yang tidak menaruh perhatian yang
pada mata pelajaran yang diajarkan, maka sukarlah diharapkan siswa tersebut
dapat belajar dengan baik. Hal ini tentu berpengaruh terhadap hasil belajarnya.
Jadi, dapat dikatakan bahwa minat berhubungan erat dengan hasil belajar yang
selanjutnya dapat digunakan sebagai pendorong untuk meningkatkan hasil
belajar.
Minat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik
dari dalam maupun dari luar . Dilihat dari dalam diri siswa, minat dipengaruhi
oleh cita-cita, keinginan, kebutuhan, bakat dan kebiasaan. Sedangkan bila
dilihat dari faktor luar, minat dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi
lingkungan. Faktor luar tersebut dapat berupa kelengkapan sarana dan prasarana,
pergaulan dengan orang tua, dan anggpan masyarakat terhadap suatu objek serta
latar belakang sosial budaya. Penulis dapat berpendapat bahwa sperti batasan
masalah diatas minat belajar siswa dapat mempegaruhi beberapa faktor dari dalam
maupun dari luar .
Secara umum faktor-faktor
yag mempengaruhi proses hasil belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu faktor
internal dan faktor eksternal . kedua faktor tersebut saling memengaruhi dalam
proses individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar.
1.
Faktor internal
Faktor internal
adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan dapat memengaruhi
hasil belajar siswa. Faktor-faktor internal ini meliputi faktor fisiologis dan
faktor psikologis.
a.
Faktor fisiologis
Faktor-faktor
fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik
individu. Kondisi fisik yang sehat dan bugar
akan memberikan pengaruh positif terhadap
kegiatan belajar individu. Sebaliknya, kondisi
fisik yang lemah atau sakit akan menghambat tercapainya hasil belajar yang
maksimal.Panca indra yang berfunsi dengan baik akan mempermudah aktivitas
belajar dengan baik pula. Panca indra yang memiliki peran besar dalam aktivitas
belajar adalah mata dan telinga. Oleh karena itu, baik guru maupun siswa perlu
menjaga panca indra dengan baik. Beberapa penyakit ringan yang diderita dapat
berupa pilek, sakit gigi, batuk, dan lain sejenisnya. Semua itu tentu akan
mempengaruhi hasil belajar siswa.
3
b.
Faktor psikologis
Faktor – faktor psikologis
adalah keadaan psikologis seseorang yang dapat memengaruhi proses belajar.
Beberapa faktor psikologis yang utama memngaruhi proses belajar adalah
kecerdasan siswa, motifasi , minat, sikap dan bakat.
Faktor-faktor
eksternal
Selain karakteristik
siswa atau faktor-faktor internal, faktor-faktor eksternal juga dapat
memengaruhi proses belajar siswa.dalam hal ini, menjelaskan bahwa
faktaor-faktor eksternal yang memengaruhi balajar dapat digolongkan menjadi dua
golongan, yaitu faktor lingkungan social dan faktor lingkungan non sosial.
a.
Lingkungan sosial
- Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar seorang siswa.
- Lingkungan sosial masyarakat. Kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa akan mempengaruhi belajar siswa.
- Lingkungan sosial keluarga. Lingkungan ini sangat memengaruhi kegiatan belajar. Ketegangan keluarga, sifat-sifat orangtua, demografi keluarga (letak rumah), pengelolaan keluarga, semuannya dapat memberi dampak terhadap aktivitas belajar siswa.
b.
Lingkungan non social.
Faktor-faktor yang termasuk lingkungan
nonsosial adalah;
·
Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang
segar, tidak panas dan tidak dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau
tidak terlalu lemah/gelap, suasana yang sejuk dan tenang. Gedung sekolah,
alat-alat belajar, fasilitas belajar, lapangan olahraga dan lain sebagainya.
Faktor materi pelajaran (yang diajarkan ke siswa). Faktor ini hendaknya
disesuaikan dengan usia perkembangan siswa begitu juga dengan metode mengajar
guru, disesuaikan dengan kondisi perkembangan siswa.
(http://rezky93.blogspot.com/2013/01/masalah-masalah-belajar-internal.html)
2.3 Membangkitkan Minat Belajar Siswa
Siswa adalah murid (terutama
pada tingkat sekolah dasar dan menengah ) dan B angkit adalah bangun, berdiri,
maju yang dikutip dari kamus Pintar bahasa indonesia , hal 951 dan hal 43
.Membangkitkan minat terhadap sesuatu pada dasarnya adalah membantu siswa
melihat bagaimana hubungan antara materi yang diharapkan untuk dipelajarinya
dengan dirinya sendiri sebagai individu. Proses ini berarti menunjukkan pada
siswa bagaimana pengetahuan atau kecakapan tertentu mempengaruhi dirinya dalam
upaya mencapai kebutuhan-kebutuhannya. Apabila siswa menyadari bahwa belajar
merupakan suatu alat untuk mencapai beberapa tujuan yang dianggapnya penting
dan bila siswa melihat bahwa dari hasil dari pengalaman belajarnya akan membawa
kemajuan pada dirinya, kemungkinan besar siswa akan berminat dan termotivasi
untuk mempelajarinya.
Dengan demikian perlu adanya usaha-usaha atau pemikiran yang dapat
memberikan solusi terhadap peningkatan minat belajar siswa. Minat sebagai aspek
kewajiban bukan aspek bawaan, melainkan kondisi yang terbentuk setelah
dipengaruhi oleh lingkungan. Karena itu minat sifatnya berubah-ubah dan sangat
tergantung pada individunya. 4
Minat belajar dapat dibangkitkan
melalui latihan konsentrasi. Konsentrasi merupakan aktivitas jiwa untuk
memperhatikan suatu objek secara mendalam. Dapat dikatakan bahwa konsentrasi
itu muncul jika seseorang menaruh minat pada suatu objek, demikian pula
sebaliknya merupakan kondisi psikologis yang sangat dibutuhkan dalam proses
belajar mengajar di sekolah. Kondisi tersebut amat penting sehingga konsentrasi
yang baik akan melahirkan sikap pemusatan perhatian yang tinggi terhadap objek
yang sedang dipelajari.
Minat berkaitan dengan
nilai-nilai tertentu. Oleh karena itu, merenungkan nilai-nilai dalam aktivitas
belajar sangat berguna untuk membangkitkan minat. Misalnya belajar agar lulus
ujian, menjadi juara, ahli dalam salah satu ilmu, memenuhi rasa ingin tahu
mendapatkan gelar atau memperoleh pekerjaan. Dengan demikian minat belajar tidak
perlu berangkat dari nilai atau motivasi yang muluk-muluk. Bila minat belajar
didapatkan pada gilirannya akan menumbuhkan konsentrasi atau kesungguhan dalam
belajar.
Beberapa hal penting yang dapat dijadikan alasan untuk mendorong tumbuhnya
minat belajar siswa Bintang Timur yaitu :
- Suatu keinginan untuk memperoleh nilai-nilai yang lebih baik dalam semua mata pelajaran.
- Suatu dorongan untuk memuaskan rasa ingin tahu dalam satu atau lain bidang studi.
- Keinginan siswa untuk meningkatkan siswa dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pribadi.
- Keinginan siswa untuk menerima pujian dari orang tua, guru atau teman-teman.
- Gambaran diri dimasa mendatang untuk meraih sukses dalam suatu bidang khusus tertentu
5
BAGIAN PENUTUP
3.1 kesimpulan
Berdasarkan uraian
pada bab pembahasan diatas disimpulkan bahwa Minat belajar siswa itu
lebih mengarah dan mengacu pada kemauan setiap masing-masing siswa untuk belajar
dan untuk maju dimasa depan . Minat belajar siswa yang tinggi, itu dapat
dilakukankan dengan beberapa hal atau solusi yang dapat membuat siswa menjadi
tertarik untuk belajar .Seperti beberapa strategi belajar tuntas, artinya untuk
belajar sebagai penguasaan (hasil belajar siswa secara penuh) terhadap
pembelajaran yang diperbaharui . ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat
belajar siswa yaitu Suatu hasrat
untuk memperoleh nilai-nilai yang lebih baik dalam semua mata pelajaran, Suatu
dorongan batin untuk memuaskan rasa ingin tahu dalam satu atau lain bidang
studi, dan lain – lain .
3.2 Saran
- Sebaiknya,siswa dan siswi SMP RK Bintang Timur mempunyai minat yang tinggi dalam belajar demi masa depan kita.
- Hendaknya ada usaha dari diri kita sendiri untuk berkonsentrasi dalam belajar.
- Hendaknya siswa dan siswi selalu memperhatikan guru saat guru menerangkan disekolah.
- Hendaknya guru dalam mengajar menggunakan metode belajar yang bervariasi sehingga menimbulkan rasa ketertarikan pada diri siswa. Dengan adanya rasa ketertarikan ini siswa akan berminat untuk mengikuti pembelajaran. Siswa tidak merasa jenuh,sehingga ada semangat untuk belajar. Dan diharapkan ke depannya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
6
DAFTAR
PUSTAKA
Hassan , fuat .1988 . kamus besar bahasa indonesia . jakarta : pustaka abadi
Santoso, ananda.1996.kamus pintar bahasa indonesia. Jakarta :fajar mulia
http://belajarpsikologi.com/pengertian-minat/
Tambunan,Janwar.2008 . Belajar
dan Pembelajaran .Medan : Universitas HKBP Nomensen
7
3 komentar:
mohon ijin mengkopi mas
kakak minta izin mau copy,bolehkan???
Izin copy yaa kaa
Posting Komentar